Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan buah yang termasuk ke dalam golongan tanaman palma yang buahnya dapat dimakan. Buah kurma memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia, misalnya sebagai sumber energi, mempercantik kulit, mencegah stroke, dan lain sebagainya. Buah kurma dapat tumbuh subur pada suhu 40-50 derajat celcius sehingga buah kurma tidak dapat tumbuh dengan sempurna di Indonesia. Beberapa petani kurma di Indonesia berhasil membudidayakan pohon kurma dan hasilnya cukup bagus, namun tidak sesempurna buah kurma di Timur Tengah.

Walaupun begitu, pohon kurma di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dan dapat tumbuh dengan baik. Pohon kurma yang pertama kali tumbuh di Indonesia dengan buah yang lebat tumbuh di belakang Pondok Pesantren Darussalam tahun 2011. Ini membuktikan bahwa pohon kurma juga dapat dibudidayakan di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis kurma yang berhasil dibudidayakan di Indonesia, yaitu :

  • Kurma Ajwa
  • Kurma Lulu
  • Kurma Amir
  • Kurma Nabi

Lalu bagaimana cara menanam pohon kurma? Caranya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan proses menanam pohon pada umumnya.

  • Cuci biji kurma dengan air bersih dan lakukan proses perawatan selama 30 hari dengan polibag dengan diisi media tanam seperti tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan komposisi 40%, 30%, dan 30%.
  • Tanam biji kurma tersebut di dalam polibag dengan kedalaman 2 ruas jari
  • Lalu siram polibag yang terdapat biji kurma tersebut dengan rutin yaitu sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Letakan polybag tersebut di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup banyak
  • Berikan pupuk dengan rutin sebanyak 2 minggu sekali sejak daun pertama tumbuh

Perkembangbiakan pohon kurma dengan menggunakan biji, memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pohon kurma yang berasal dari biji memiliki perakaran yang kuat sehingga dapat tumbuh dengan baik dan tahan lama. Pohon kurma tersebut juga dapat hidup hingga ratusan tahun. Namun perkembangan pohon kurma dari biji juga membutuhkan waktu yang lebih lama dan mulai berbuah sejak umur 5 sampai 10 tahun. Akan tetapi, melihat usia hidup kurma yang panjang, maka kurma kaan menghasilkan buah selama ratusan tahun. Buah kurma yang dihasilkan dan dimakan akan menjadi sedekah dan ladang pahala bagi orang yang menanam pohon kurma tersebut meskipun telah meninggal dunia. Wah, sangat keren bukan?

Perkembangan Pohon Kurma Di Indonesia

3 thoughts on “Perkembangan Pohon Kurma Di Indonesia

  • 09/02/2018 at 15:37
    Permalink

    Alhamdulillah.. Melihat geliat pertumbuhan dan perkembangan kurma di indonesia… Saya yakin kurma kedepannya akan menjadi ketahanan pangan dan kita tidak perlu impor lagi… Terima kasih atas ilmunya… Dan semoga kita semua mendapatkankan keberkahannya.. Aamiin

    Reply
    • 27/03/2018 at 10:34
      Permalink

      Untuk mendapatkan hasil yang bagus tidak ada yang instant semua butuh proses dan insya ALLAH dengan usaha dan doa akan menghasilkan yang terbaik

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *