Tahukah Anda? ternyata buah kurma memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia. Tidak hanya diteliti oleh para peneliti, ternyata sejak dulu kurma sudah menjadi buah favoritenya Rasulullah SAW. Sejak zaman Nabi, buah kurma sudah terbukti manfaatnya bagi manusia. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buah kurma yang kaya manfaat ini. Apa saja manfaat kurma seperti yang Rasulullah katakan? Mari kita simak ulasan berikut ini.

  • Kurma dapat menangkal racun dan sihir

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda “Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir.” Ajwah merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, dikenal sebagi kurma terbaik. Bentuknya bagus, padat agak keras, dan termasuk kurma yang paling lezat, harum, dan empuk. Kurma Ajwah memiliki harga yang paling tinggi jika dijual di pasar.

  • Kurma Ajwah berasal dari surga yang dapat menghilangkan racun

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, Ia adalah obat dari racun.” HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.

  • Mencegah pemiliknya dari kelaparan
  • “Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membuat lapar penghuninya.” (HR. Muslim no. 2046)
  • “Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering0 di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya.” (HR. Ibnu Majah No. 3328)
  • Cara Rasulullah memakan kurma
  • Mencampur dengan keju, dalam HR. Abu Dawud No. 3837 dan Ibnu Majah No. 3343. Imam Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa zubdah (keju) berfungsi melunakkan tinja, melemaskan syaraf, mencegah pembengkakan empedu dan kerongkongan. Jika dioleskan pada gusi bayi akan mempercepat pertumbuhan gigi.
  • Mencampur dengan mentimun, HR. Muslim No, 2043, HR. Bukhari No 5440. Rasa panas yang ada pada kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin pada mentimun, karena mentimun agak sulit dicerna oleh lambung.
  • Memakan kurma dengan semangka, HR. Abu Dawud No. 3836.
  • Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk berbuka puasa dengan kurma, jika tidak ada kurma, minumlah air seteguk demi seteguk. HR. Abu Dawud No. 2356. Hal itu karena glukosa atau gula memerlukan waktu 5-10 menit untuk diserap dalam usus manusia sehingga waktu tersebut dapat digunakan sementara untuk mengganjal lapar ketika menjalankan ibadah sholat maghrib.

 

Manfaat Kurma Menurut Rasulullah SAW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *